Intip 6 Barang Termahal di Dunia yang Pernah Terjual di Balai Lelang

Januari 28, 2020




Tak hanya kendaraan, balai lelang juga tak jarang melelang barang-barang mahal nan antik. Terlebih bagi para kolektor barang antik, memiliki barang antik, langka, dan jumlahnya terbatas di dunia ini tentu menjadi kepuasan tersendiri. Ternyata banyak barang-barang mahal yang pernah terjual di lelang. Bagi Anda yang penasaran, intip 6 barang termahal di dunia yang pernah terjual di balai lelang, apa saja ya?

1.    Lukisan Pablo Picasso

Lukisan Pablo Picasso, “The Woman of Algiers - Version O”, berhasil memecahkan rekor penjualan lukisan termahal yang pernah digelar balai lelang. Lelang ini dilaksanakan di Christie's Auction House, dan proses lelang ini memakan waktu 11 menit saja. Lukisan Pablo Picasso ini dibuat pada periode 1954 - 1955, dan berhasil terjual dengan nilai yang spektakuler, yakni Rp 2,3 triliun! Tak hanya itu, lukisan Picasso ini berhasil mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh seniman Inggris, lukisan Francis Bacon yang berjudul “Three Studies of Lucian Freud”, yang pada waktu itu terjual seharga Rp 1,8 triliun.

2.    Patung L'Homme au doigt

Patung dari Alberto Giacometti ini dinamai dengan L'Homme au doigt, atau pointing man. Patung ini berhasil terjual di balai lelang Christie's, New York. Patung ini mendapat predikat patung termahal di dunia, karena pada saat dilelang berhasil terjual dengan harga Rp 1,8 triliun.

3.    Blue Moon Diamond

Pada tahun 2015 lalu, rumah lelang Sotheby di Jenewa melelang berlian 12,03 karat dengan harga yang fantastis. Berlian ini jatuh di tangan miliarder sekaligus kolektor pribadi asal Hong Kong, Joseph Lau dan diberikan khusus untuk putrinya yang sedang berulang tahun ke 7 pada saat itu. Blue moon diamond digambarkan oleh para pakar sebagai berlian yang sempurna, dan Joseph Lau menamai berlian miliknya dengan sebutan "The Blue Moon of Josephine". Berlian ini terjual dengan harga 643 miliar!

4.    Perangko British Guiana 1c Magenta

Perangko yang berasal dari Inggris ini pertama kali diproduksi pada tahun 1856 dengan edisi terbatas Guyana Inggris. Perangko ini menggambarkan kapal layar disertai dengan kalimat “Damus Petimus Que Vicissim”, yang memiliki arti kami memberi serta mengharapkannya sebagai balasan. Yang unik dari penemuan perangko termahal ini, pada tahun 1873, Louis Vernon Vaughan tak sengaja menemukan perangko ini yang berada di koleksi surat milik pamannya. Perangko ini berhasil terjual dengan harga Rp 126,7 miliar. Tak heran karena perangko ini hanya tersisa satu di seluruh dunia.

5.    Gaun Marilyn Monroe

Barang termahal yang pernah terjual di balai lelang selanjutnya adalah gaun milik Marilyn Monroe. Gaun ini menjadi gaun bersejarah karena dipakai pada saat Monroe menyanyikan lagu “Happy Birthday” untuk Presiden John F Kennedy pada tahun 1962 silam. Tak disangka, ulang tahun John F Kennedy tersebut adalah penampilan terakhir Marilyn Monroe di publik, karena pada tahun yang sama di bulan Agustus ia meninggal. Praktis, gaun ini pun menjadi incaran para kolektor-kolektor dunia. Gaun bertabur payet nan cantik ini akhirnya berhasil terjual di New York pada tahun 1999 di Julien's Auction, Los Angeles, Amerika Serikat dan terjual dengan harga setara Rp 64,4 miliar.

6.    Kacamata Bundar John Lenon

Siapa tak mengenal John Lenon? Musisi legendaris ini tetap dicintai para penggemarnya dari seluruh dunia meskipun dirinya sudah lama tiada. Salah satu barang milik Lennon yang terjual mahal di pelelangan adalah kacamata bundar. Kacamata fenomenal ini terjual di rumah lelang Sotheby, London dan berhasil terjual seharga Rp 2,6 miliar.

Demikianlah 6 barang termahal yang pernah terjual di balai lelang, harganya membuat geleng-geleng kepala bukan? Tentu saja, untuk informasi tempat lelang mobil bekas yang ada di Jakarta, Anda dapat mengunjungi website resmi IBID.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »